Tuesday, March 13, 2018

Jelang seri pertama MotoGP 2018


Menjelang seri perdana MotoGP yang akan digelar pada minggu 18 Maret,beberapa pembalap merasa optimis akan tampil bagus setelah melalui sesi ujicoba pramusim. Tidak hanya pembalap yang selama ini berada di grid terdepan satu dan dua saja, namun beberapa pembalap di barisan grid ketiga dan keempat juga tampil mengesankan. Bahkan dari lima rookie di musim 2018 ini dua diantaranya mencuri perhatian pecinta MotoGP yaitu Takaaki Nakagami dan Hafizh Syahrin.

Dalam empat sesi ujicoba pramusim yang dimulai dari sirkuit Ricardo Tormo - Valencia (14-15 November 2017) hingga di sirkuit Losail - Qatar 01-03 Maret 2018), terlihat pembalap di garis terdepan tidak memiliki selisih catatan waktu yang berbeda jauh. Hal ini mengindikasikan kemungkinan persaingan yang sangat ketat akan terjadi di musim MotoGP 2018 ini melebihi persaingan di musim lalu. Juara dunia Marc Marquez mengakui hal tersebut.

“Ini akan menjadi balapan pertama yang sangat sibuk. Itu merujuk dari hasil tes pramusim karena pembalap terdepan dengan yang lain tidak terpaut jauh. Dan siapapun yang memenangkan atau gagal dalam balapan pertama tidak akan mempengaruhi gelar juara dunia MotoGP,” kata Marquez seperti dikutip dari La Vanguardian, Kamis (08/03/2018).

Meskipun hasil yang ditunjukkan oelh Marquez pada sesi ujicoba tidak terlalu istimewa, dia mengakui cukup puas dengan hasil yang diperolehnya. Bukan hanya itu saja, Marc Marquez juga mencatatakan rekor baru atas namanya sendiri di sirkuit Losail - Qatar yaitu rekor kemiringan 66 derajat yang sebelumnya pernah dia peroleh di sirkuit Valencia di kemiringan 68 derajat.

Valentino Rossi selama ini di kenal selalu tampil biasa di tiap ujicoba, latihan bebas (FP) dan kualifikasi (Q) namun pada saat balapan dimulai dia selalu tampil baik dan menjadi perhatian publik. Pada sesi ujicoba terakhir di sirkuit Losail - Qatar dia berada di posisi kedua (1:54.276) dibawah Johann Zarco yang berada di urutan pertama (1.54:029). Sedangkan rekan satu timnya, Maverick Vinales berada di posisi kelima (1.54:471) di bawah Cal Crutchlow (1.54:457).

Runner Up MotoGP 2018, Andrea Dovizioso tampil sangat baik dan selalu berada di tiga besar pada sesi ujicoba yang berlangsung selama tiga hari di sirkuit Losail. Andrea Dovizioso yang di musim lalu banyak menyita perhatian publik karena penampilannya yang impresif. Di musim MotoGP kali ini menjadi pesaing terberat bagi sang juara dunia Marc Marquez. Bukan hanya Andrea Dovizioso saja yang perlu di perhitungkan oleh Marquez. Catatan Motroz dari evaluasi ujicoba pramusim, ada banyak kemajuan yang diperoleh oleh pembalap lainnya diantaranya adalah Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Andrea Iannone, Alex Rins dan Johann Zarco.  Cal Crutchlow mendapatkan jatah motor yang sama dengan tim pabrikan Honda. Danilo Petrucci juga mendapatkan dukungan mesin yang sama dari pabrikan Ducati yaitu Desmosedici GP18. Meskipun rekan satu timnya Jack Miller masih menggunakan Desmosedici GP17, Jack Miller juga tampil cukup impresif selama sesi ujicoba pramusim. Dari tim Suzuki Ecstar hasil mengesankan diperoleh oleh kedua pembalapnya yaitu Andrea Iannone dan Alex Rins. Agaknya Suzuki GSX-RR 2018 mengalami kemajuan pesat dibandingkan tahun lalu. Itu terbukti dari penampilan kedua pembalapnya yang menunjukkan hasil cukup baik di setiap sesi ujicoba pramusim. Meskipun Iannone merasa belum 100 persen puas dengan GSX-RR 2018, tapi dia merasa telah jauh lebih baik dibandingkan musim sebelumnya. Johann Zarco adalah pembalap potensial yang diprediksikan masa depannya gemilang, namun sangat disayangkan di tim satelit Monster Yamaha Tech3 dia tidak mendapatkan dukungan dari pabrikan Yamaha seperti tim satelit lainnya. Di musim 2019 Tech3 sudah tidak bersama Yamaha lagi dan akan di dukung oleh KTM sebagai tim satelit.

Di barisan rookie ada lima pembalap muda yaitu Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli, Thomas Luthi, Xavier Simeon dan Hafizh Syahrin. Selama ujicoba pramusim, Takaaki Nakagami yang paling menjadi sorotan pembalap senior lainnya termasuk rekan satu timnya Cal Crutchlow. Pembalap LCR Honda itu pada saat di ujicoba di sirkuit Buriram - Thailand sempat berada di posisi urutan ke delapan. Motroz memprediksikan Takaaki Nakagami memiliki peluang besar meraih gelar rookie of the year 2018.

Jelang seri pertama MotoGP 2018
Grand Stand Losail by Trinidade - Wikipedia
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijaksana dan saling memberikan masukan positive.Terima kasih

Ads Space

Chinese (Traditional)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianRussianSpanish

Categories

Pre-ICO

Ads Space